Senin, 05 Desember 2011

Ada Apa Dengan Mangga ?

Salam Bloggers,.
Mangga (Mangifera Indica L) adalah buah tropis dan termasuk ke dalam marga Mangifera. Pohon Mangga adalah tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 meter, bahkan tanaman ini bisa mencapai tinggi 10-40 meter. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dan berhawa panas. Tapi, ada juga yang bisa tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian hingga 600 meter dpl.


 




Terdapat banyak nama untuk buah yang satu ini :
  • Di Indonesia dikenal sebagai mangga
  • Di portugal dikenal sebagai manga
  • Di inggris dikenal sebagai mango

Bentuk Mangga bermacam-macam, seperti:
  • Mangga Gedong berbentuk bulat penuh
  • Mangga Harumanis dan Mangga Manalagi berbentuk bulat panjang
  • Mangga Kopek berbentuk bulat pipih
  • Mangga Golek berbentuk lonjong
Kendati bentuk, ukuran, warna, dan citra rasa beragam namun dari segi gizi semuanya hampir tidak jauh berbeda. Sebagai contoh Mangga ranum segar mengandung air 82%, vitamin C 41mg, dan energi/kalori 73Kal/100g. Sedangkan untuk Mangga muda (yang masih mentah) terkandung air 84%, vitamin C 65mg, dan energi 66Kal/100g. Sebagian besar energi Mangga berasal dari karbohidrat berupa gula yang membuatnya terasa manis. Mangga pun merupakan sumber kalium, vitamin C serta E, dan Beta Karoten (salah satu zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A). Zat-zat gizi antioksidan itu terkandung melimpah pada buah Mangga.

Hmmm, Mangga si manis kaya Antioksidan,.ahihi,..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syahrini makan kue tar,.
Klik di sini kalau mau koementar,.

Label

Curcol (23) Film (9) Forum Diskusi (7) Kesehatan (9) Kuliner (3) Novel (1) Olahraga (19) Profil Tim (3) Sejarah (1) Wisata (10)

Artikel Populer

Trailer Film


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com