Selasa, 13 Maret 2012

Masjid Agung Demak



Masjid Agung Demak merupakan wisata peninggalan pada masa Raden Patah yang didirikan oleh para Wali Songo. Masjid ini terletak sekitar 26 km dari Kota Semarang, 26 dari Kabupaten Kudus, dan 35 km dari Kabupaten Jepara. Masjid ini merupakan masjid tertua di Pulau Jawa dan berarsitektur khas Indonesia dengan adanya 3 tingkat (bagian). Ketiga bagian itu masing-masing menunjukkan aqidah Islamiyah yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.


Namun ada keunikan lain di dalam Masjid Agung Demak ini, yaitu adanya 4 tiang penyangga utama kerangka utama atap masjid (masing-masing berjumlah 3). Tiang-tiang penyangga ini juga disebut sebagai Soko Tatal (dalam bahasa jawa). Formasi tata letak 4 soko guru/tatal dipancangkan pada empat penjuru mata angin. Yang berada di barat laut didirikan oleh Sunan Bonang, di barat daya oleh Sunan Gunung Jati, di bagian tenggara oleh Sunan Ampel, dan yang berdiri di timur laut oleh Sunan Kalijaga. Di belakang Masjid Agung juga terdapat komplek makam, seperti, makam Raden Patah, Sultan Trenggono, Pangeran Sabrang Lor, Arya Penangsang, Adipati Jipang Panolang, Syech Maulana Magribi, dan lain-lain. Sedangkan untuk makam Sunan Kalijaga terletak sekitar 1,5 km dari Masjid Agung Demak (tepatnya di komplek makam kadilangu). Selamat mengunjungi Wisata Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syahrini makan kue tar,.
Klik di sini kalau mau koementar,.

Label

Curcol (23) Film (9) Forum Diskusi (7) Kesehatan (9) Kuliner (3) Novel (1) Olahraga (19) Profil Tim (3) Sejarah (1) Wisata (10)

Artikel Populer

Trailer Film


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com