Kamis, 03 November 2011

Pantai Kukup

Berkunjung ke Yogyakarta belum lengkap tanpa mengunjungi tempat yang satu ini. Berbagai keindahan dapat ditemui dari pantai ini, apalagi kalau bukan tebing-tebing vertikal khas kerakteristik gugusan pantai-pantai di selatan Jawa. Pantai Kukup berada sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari. Jika dari Jogja menuju ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Jalanan menuju pantai ini berkelok-kelok dan naik-turun. Jadi harap berhati-hati jika menggunakan kendaraan menuju kesini. Ada satu hal yang menarik dari sebuah Pantai Kukup, yakni dengan terdapatnya batu karang besar yang letaknya di tengah laut. Untuk dapat menginjakkan kaki di pulau kecil ini, pengunjung harus melalui titian jembatan permanen yang menghubungkan antara bibir pantai dengan pulau tersebut. Dari atas pulau karang ini kita bisa melihat indahnya hamparan pantai yang sangat luas disertai deburan ombak yang cukup besar. Meskipun siang hari, jika berada di pulau karang ini akan terasa sejuk karena angin yang bertiup cukup kencang. Setelah puas menikmati indahnya pantai dari atas pulau karang, kita bisa turun untuk menikmati indahnya pasir putih yang ada di pantai ini. Pada sore hari air laut mulai surut, sehingga kita dapat dengan bebas untuk sekedar berjalan-jalan di tepi pantai ataupun bermain dengan pasir putih yang ada disini.


Berwisata ke pantai Kukup, merupakan mata rantai dari kunjungan rekreasi ke pantai Baron, sebab jarak diantara kedua pantai tersebut lebih kurang hanya 1 kilometer, bisa ditempuh dengan jalan setapak. Pantai Baron berpasir putih kekuning - kuningan. Goa - goa karang yang teduh, serta ikan hias air laut banyak didapati di daerah ini dan sangat memikat para wisatawan. Menikmati keindahan salah satu pantai laut Indonesia yang sangat mempesona, wisatawan bisa naik ke bukit karang di pinggir pantai antara Baron dan Kukup, melalui jalan - jalan setapak.


Setiap bulan Suro atau tahun baru dalam kelender penanggalan Jawa, seperti pantai lain di Yogyakarta, Pantai Kukup juga sering menjadi tempat laku spiritual sedekah laut. Sedekah laut ini berupa kegiatan melarung sesaji di pantai ini yang diperuntukkan bagi penguasa pantai selatan, Nyai Roro Kidul melalui perantara juru kunci setempat. Konon masyarakat percaya, dengan melakukan sedekah laut, maka pantai selatan akan memberikan berkah dan menjauhkan dari mara bahaya. Kendati pergeseran zaman terus terjadi, namun tradisi adat ini belum luntur di mata masyarakat sekitar. Tanah Lot ala Gunungkidul ini tetap merupakan pesona alam eksotik berbalut dengan budaya religi yang tak pernah luntur dalam kehidupan budaya warga Yogyakarta.


Yang nggak kalah asyiknya, disini banyak sekali biota laut. Mulai dari ikan yang berwarna-warni, kepiting yang sering mondar-mandir di tepi pantai, ataupun ubur-ubur yang bisa bikin badan gatal jika kita memegangnya. Kalo ingin menangkap ikan ataupun kepiting dengan mudah, kita bisa membeli jaring kecil yang diperjualbelikan oleh pedagang di tepi pantai. Jika ingin membawa pulang ikan hias tapi nggak mau repot-repot menangkapnya sendiri, kita bisa membelinya saat keluar dari pantai. Disitu ada pedagang yang memperjualbelikan ikan laut hias. Ikannya pun banyak sekali jenisnya, mulai ikan nemo, bintang laut, ular laut, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jalanan menuju Pantai Kukup ini berkelok-kelok dan naik-turun. Jadi harap berhati-hati jika menggunakan kendaraan menuju kesini, walaupun jalan berkelok-kelok tapi jalan sudah bagus.


"Jalan-jalan,.pokok'e maknyuuus,.."
 Baby Soldier emoticon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syahrini makan kue tar,.
Klik di sini kalau mau koementar,.

Label

Curcol (23) Film (9) Forum Diskusi (7) Kesehatan (9) Kuliner (3) Novel (1) Olahraga (19) Profil Tim (3) Sejarah (1) Wisata (10)

Artikel Populer

Trailer Film


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com